Senin, 07 Juli 2008

101 Resep Menjadi Juara Sejati

Judul :CHAMP!ON : 101 Tip Motivasi & Inspirasi SUKSES Menjadi Juara Sejati
Penulis: Darmadi Darmawangsa
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tahun Terbit: 2008
Halaman: xxiii+366
Harga: Rp. 60.000,00

Seorang muda mendekati Andre Carnegie, miliuner baja terkaya di Amerika Serikat pada zamannya, ia menawarkan formula sederhana yang pasti dapat meningkatkan kekayaan Mr.Carnegie. Tidak tanggung tanggung, ia meminta imbalan US$100.000. Mr.Carnegie menyetujui permintaannya asal terbukti berhasil. Setelah menggunakannya selama sebulan, ternyata Mr.Carnegie mengakui walaupun sangat sederhana formula itukhasiatnya begitu ampuh. IA pun tanpa menawar langsung membayar dengan harga penuh. Penasaran sehebat apa formula itu?

Ternyata formula itu hanya memintanya menuliskan sebelum tidur tentang lima hal penting yang ingin ia kerjakan keesokan harinya dengan berurut sesuai prioritas pentingnya tugas itu. Setelah itu ia harus berkomitmen untuk mengambil tindakan-tindakan besar demi mewujudkannya dimulai dari prioritas utama. Dan jika hanya mampu menyelesaikan tiga tugas, berarti dua tugas yang belum tuntas harus ia lanjutkan pada hari berikutnya ditambah dengan tiga tugas baru. Saya yakin Mr.Carnegie bukanlah seorang bodoh yang rela membayar sebuah ide seharga US$ 100.000, jika ia tidak sungguh-sungguh mendapatkan keuntungan.

Kisah di atas adalah salah satu kisah yang sekaligus merupakan sebuah tip dari 101 tip yang tercantum dalam buku motivasi yang ditulis oleh Darmadi Darmawangsa. Darmadi Darmawangsa adalah seorang trainer dan pembicara motivasi yang merupakan salah satu motivator terkemuka di Indonesia yang lebih dikenal dengan sebutan The Master of Motivation. Buku ini adalah bukunya yang kedua setelah sebelumnya bersama seorang rekannya, Imam Munadhi, menulis buku best seller, Fight Like a Tiger Win Like a Champion.

Dalam buku keduanya ini, Darmadi, memaparkan 101 tip motivasi dan inspirasi sukses untuk menjadi juara sejati. Setiap tip ia tulis dengan bahasa inggris sebagai satu judul bahasan. Dibawah judul itu ia sisipkan sebuah kata mutiara dari seorang tokoh yang berkaitan dengan tip yang sedang dibahas. Setiap sepuluh tip, ia menyisipkan satu halaman kata-kata motivasi dan inspirasi karya seseorang tokoh atau penulis lain. Keduanya, kata mutiara dan sisipan satu halaman kata-kata motivasi dan inspirasi, ditulis dalam bahasa ingris yang terjemahannya dapat ditemukan di apendiks di halaman belakang buku ini.

Dalam setiap tipnya, penulis selalu menyertakan satu kisah yang berkaitan dengan tip yang sedang di bicarakan, kemudian mengambil kesimpulan atau hikmah di baliknya atau terkadang sebaliknya, ia memaparkan suatu kisah lalu mengambil hikmah dari kisah tersebut yang kemudian dijadikan sebagi tip motivasi. Setiap tip motivasi ia paparkan secara sederhana dan ringkas, sehingga pembaca dapat dengan mudah menangkap maksudnya. Selain itu, disertakannya gambar-gambar kartun dan foto-foto yang berkaitan dengan pokok bahasan membantu visualisasi pembaca untuk memahami dan mengingat tip yang diberikan. Di akhir pembahasan ia menyertakan kolom refleksi yang berisi saran dan kesimpulan yang menggenapkan pembahasan dari tip yang dipaparkan selain itu penulis juga mengajak pembaca untuk langsung, saat itu juga, mempraktekan tip motivasi yang sudah dibacanya. Sebagai contoh, setelah memaparkan kisah diatas, pada kolom refleksi penulis mengajak pembaca untuk menuliskan 5 prioritas yang harus dilakukan keesokan hari. Format buku seperti ini sengaja dibuat oleh penulis karena kebanyakan buku motivasi hanya enak untuk dibaca saja, tapi setelah itu dilupakan, tanpa tindakan selanjutnya. Akhirnya buku-buku motivasi itu hanya menjadi sebuah buku dongeng yang tidak menggerakan. Oleh karena itu penulis mendisain bukunya agar setelah membaca satiap tip motivasi, pembaca dapat langsung mengimplementasikannya.

Membaca buku ini tidak harus sekali langsung tamat layaknya membaca cerpen ataupun novel. Buku ini berisi tip motivasi yang hanya akan bermanfaat jika diimplementasikan. Cukup dibaca 3-5 tip setiap hari kemudian di pahami dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari, maka kita akan menjadi CHAMP!ON seperti yang diharapkan oleh penulis buku ini, karena bagi sang penulis, pemenang yang sesungguhnya (The Real Champion) bukanlah orang yang hanya mencari dan kemudian menjadi tahu, akan tetapi orang yang tahu kemudian memiliki keyakinan lalu mengimplementasikan pengetahuannya tersebut, sebagaimana yang ia tuliskan pada halaman pembuka bukunya,

" CHAMP!ON is dedicated to those who are not only searching fo true knowledge of motivation but also those who strongly believe and implement the knowledge so they can be transformed into real CHAMPIONS"

Singkat kata, buku ini patut dimiliki oleh setiap orang yang mendambakan motivasi untuk menjadi juara sejati.


2 komentar:

Unknown mengatakan...

i like it ,next to third the books motivations.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.